Jumat, 20 Mei 2016

BITCOIN. Makanan Apa Itu?


Bitcoin. Makanan apa itu?

Itu yang terbesit kala awal saya sebagai penulis mendengar kata "Bitcoin". Mungkin ada juga yang teringat dengan tragedi Leopard 'Lone Wolf' yang melancarkan aksinya melakukan pemboman mal Alam Sutra.

Banyak masyarakat kita yang mungkin masih asing mendengar kata Bitcoin. Tapi tidak sedikit juga yang sudah mengenal dan mengaplikasikan didalam kehidupan sehari-hari. Sebelum lebih jauh, saya akan sedikit mengulas apa Bitcoin, walaupun pada saat ini sudah banyak referensi tentang Bitcoin, tapi saya akan mencoba menulis dengan sedikit pengalaman saya dalam dunia Cryptocurrency.

Apa itu Cryptocurrency?
Itu mungkin akan saya coba tulis lain waktu.

Sejarah Bitcoin
Bitcoin, merupakan mata uang elektronik. Satoshi Nakamoto menciptakannya pada tahun 2009 silam. Mata uang yang tidak diatur oleh suatu negara layaknya mata uang konvensional yang selama ini kita gunakan. Nama itu juga terkait dengan perangkat lunak sumber terbuka yang dia rancang. Departemen Keuangan Amerika Serikat menyebut bitcoin sebuah mata uang yang terdesentralisasi karena menggunakan jaringan peer-to-peer tanpa penyimpanan terpusat atau administrasi tunggal.

Bitcoin tidak tergantung dengan mempercayai penerbit utama, seperti mata uang pada umumnya. Bitcoin menggunakan sebuah database yang didistribusikan dan tersebar ke node-node dari sebuah jaringan P2P ke jurnal transaksi, menggunakan kriptografi untuk menyediakan fungsi-fungsi keamanan dasar, seperti bitcoin hanya bisa di gunakan oleh pemiliknya, dan tidak pernah boleh dilakukan lebih dari satu kali.

Dilihat dari desainnya bitcoin bisa mengijinkan untuk dimiliki tanpa identitas (anonymous). Bitcoin bisa disimpan dalam komputer pribadi dalam sebuah format file wallet atau disimpan oleh penyedia pihak lain. Terlepas dari itu semua Bitcoin bisa dikirim melalui internet kepada siapapun yang tentunya memiliki alamat Bitcoin atau wallet.

Dari topologi peer-to-peer Bitcoin tersebut dan kurangnya administrasi tunggal menjadikan sulit untuk melakukan otoritas dari suatu pemerintahan apapun, sulit juga untuk memanipulasi nilai dari Bitcoin sehingga menyababkan inflasi dengan memproduksi lebih banyak Bitcoin. Dalam dunia Cryptocurrency bitcoin merupakan salah satu implementasi yang pertama, yang pertama kali dideskripsikan oleh Wei Dai pada tahun 1998 dalam millis cypherpunks.

Mungkin sedikit dulu yang bisa saya tulis disini, dan mungkin tulisan ini sudah banyak sekali diluar sana, maklum baru mood nulis, setelah sekian lama kenalan dengan Bitcoin.

Oh iya saat saya menulis, nilai tukar Bitcoin saat ini berada di kisaran Rp. 6.114.900 (nilai tukar dalam IDR)
Source: bitcoin.co.id

Disqus Comments
1113px