Jumat, 05 Desember 2008

Pengantar RSS

RSS? Rumah sangat sederhana...?
Hehehe... mungkin itu yang terlintas dibenak saya.
Tapi pada kali ini bukan itu yang dimaksud. Melainkan sebuah istilah atau kependekan dari RDF Site Summary/Rich Site Summary/Really Simple Summary.
Adalah sebuah metode terbuka untuk pengumpulan dan penyatuan isi halaman sebuah web. Sebuah file RSS memberikan data informasi ringkas (summary) tentang headlines, links dan article dari web site.

File RSS termasuk dalam tipe metadata. Metadata adalah unit-unit informasi tentang informasi yang biasa digunakan untuk menyediakan informasi deskriptif tentang content, context dan karakteristik dari data. Metatags keywords dan description di HTML merupakan contoh metadata, yang digunakan untuk menyediakan informasi tentang web pages.
RSS menggunakan aplikasi XML sebagai formatnya. Sebuah file RSS menerangkan isi dari sebuah saluran informasi (channel) yang berisi logo/image, site link, input box dan items. Items pada file RSS sering disebut sebagai “news items”. Web site tertentu dapat menyalin dan menggunakan RSS yang dimiliki web site lain untuk menginformasikan sebuah berita atau artikel, hal ini sering juga disebut dengan RSS feeds.



Pada Desember 96 Ramanathan Guha dari Apple mengusulkan sebuah proyek dengan nama Project Sauce/X dengan format MCF (Meta Content Framework) yang merupakan ide awal untuk memproses metadata. MCF adalah sebuah format terbuka untuk mempresentasikan informasi tentang content. Dave Winner adalah pengguna awal MCF ini, namun hal ini masih diragukan.
Pada tahun 1997, Microsoft dan Netscape mengajukan proposal ke W3C. Microsoft mengajukan proposal tentang Channel Definition Format (CDF) sedangkan Netscape dengan Meta Content Framework using XML. MCF using XML dari Netscape merupakan cikal bakal RSS. Pada tahun yang sama W3C mempublikasikan draft RDF (Resource Description Framework) ke public. RDF sendiri digunakan untuk memproses metadata. RDF merupakan inspirasi dari proposal MCF dan PICS. Dave Winner pada tahun yang sama, juga mengajukan proposal ke W3C dengan dengan format yang mirip dengan CDF.
Maret 1999 Netscape meluncurkan versi RSS 0.9 dengan nama “RDF Site Summary”. Versi ini menggunakan sintaks RDF dan XML Namespaces. Pada pada tahun yang sama netscape erkolaborasi dengan UserLand’s mempublikasikan format RSS 0.91 dengan nama “Rich Site Summary” lalu diupgrade oleh Dave Winner menjadi versi RSS 0.92. Versi RSS yang digunakan oleh Dave Winner memasukkan DTD dan elemen dari UserLand’s. Pada tahun 2000 RSS-DEV Working Group mengeluarkan RSS 1.0 dengan nama yang sama yaitu “RDF Site Summary”, merupakan pengembangan dari RSS 0.9 yang menggunakan sintak RDF yang mirip dengan konsep asli RDF milik Dan Libby pada RSS 0.9. Versi RSS 1.0 memfokuskan penggunaan modularity/extensibility pada file RSSnya. RSS terus berkembang pesat hingga tahun 2002 dengan versi terakhir RSS 2.0. Versi RSS 2.0 diberi nama “Really Simple Summary”.


Disqus Comments
1113px