Rabu, 22 April 2009

USB (Universal Serial Bus)

Pengenalan USB (Universal Serial Bus)

Penjelasan Singkat :
Universal Serial Bus (USB) adalah salah satu standar interkoneksi antara komputer dengan peralatan eksternal yang mampu mendukung kecepatan di atas 1 Mbps. (bandingkan dengan serial yang hanya 20 Kbps).

USB mempunyai beberapa kelebihan, diataranya :

1. Penggunaannya mudah.
Cukup tancapkan peralatan USB ke konektor USB, computer akan langsung mendeteksi adanya peralatan tersebut, tanpa perlu merestart computer.

2. Mendukung 3 tipe kecepatan.

3. Adanya power down (suspend).
Apabila tidak digunakan, secara otomatis, peralatan USB akan mengalami suspend, sehingga konsumsi daya bisa lebih kecil.

4. USB mensuplly daya ke peralatan USB dengan arus sebesar 500 mA.
Sehingga apabila sebuah peralatan memerlukan daya sebesar 500 mA, maka peralatan tersebut tidak memerlukan tambahan daya.

5. USB bersifat multiplatform.
USB mendukung hampir semua sistem operasi


Kelemahan pada USB adalah :
Panjang kabel untuk koneksi ke USB relatif pendek apabila dibandingkan interface lain.

Umumnya, konfigurasi sistem USB terdiri atas sebuah host (dalam hal ini adalah komputer) dan beberapa peralatan USB yang dihubungkan melalui kabel USB. Host memiliki sebuah hub terintegrasi yang disebut root hub. Root hub memiliki 2 buah port USB.

Host bertanggung jawab terhadap transfer data pada bus, sehingga host harus mampu mendeteksi peralatan apa saja yang terhubung dan kemampuan peralatan tersebut.

Kecepatan :
Berbicara masalah bus rasanya kurang lengkap kalau kita tidak membandingkan kecepatannya. USB 1.1 mendukung 2 type kecepatan, yaitu full speed pada 12 Mbps dan low speed pada 1.5 Mbps. Sementara USB 2.0 mendukung kecepatan sampai dengan 480 Mbps yang dikenal dengan High Speed Mode.


Konektor :
USB mempunyai 2 tipe konektor, yaitu konektor tipe A dan konektor tipe B. konektor tipe A terhubung ke host secara upstream sementara konektor tipe B terhubung ke peralatan secara downstream. Kedua konektor tersebut terhubung oleh sebuah kabel USB.

Wujud fisik dari kedua konektor adalah sebagai berikut :

Standar warna kabel USB adalah sebagai berikut :

Konfigurasi kabel tersebut adalah sebagai berikut :

Perbandingan USB dengan interface lain


Topoogi Bus:
a.Topologi host USB


b.Topologi peralatan USB


c.Topologi Fisik BUS


d.Topologi logical BUS


Disqus Comments
1113px